Pengertian Perikoronitis dan Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi dan Perikoronitis
Perikoronitis
Perikoronitis adalah gangguan gigi di mana jaringan gusi menjadi bengkak dan terinfeksi di sekitar gigi bungsu , gigi geraham ketiga dan kebanyakan orang mengalaminya pada usia belasan atau awal dua puluhan.

Apa Penyebab Perikoronitis?
Perikoronitis dapat berkembang ketika gigi bunganya hanya meletus sebagian (menembus gusi). Ini memungkinkan pembukaan bakteri memasuki gigi dan menyebabkan infeksi. Dalam kasus-kasus perikoronitis, makanan atau plak (Bakteri yang tertinggal pada gigi setelah makan) dapat terperangkap di bawah flap di sekitar gigi .
Jika tidak dibersihkan, dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan perikoronitis.
Jika perikoronitis parah, pembengkakan dan infeksi dapat meluas melampaui rahang ke pipi dan leher.

Apa Saja Gejala Perikoronitis?
Gejala perikoronitis dapat meliputi:
• Rasa sakit
• Infeksi
• Pembengkakan di jaringan gusi (disebabkan oleh akumulasi cairan)
• Rasa tidak nyaman di mulut (disebabkan oleh nanah bocor dari gusi)
• Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
• Kesulitan membuka mulut

Baca juga :
Penyebab Gusi Bengkak,Sakit,Berdarah dan Cara Mengatasinya
Bagaimana Perikoronitis Didiagnosis?
Dokter gigi Anda akan memeriksa gigi bungsu Anda untuk melihat bagaimana gigi ini muncul, dan menentukan apakah mereka sebagian erupsi.
Dokter mungkin akan memeriksa menggunakan X-ray secara berkala untuk menentukan keselarasan gigi bungsu.
Dokter gigi Anda juga akan memperhatikan setiap gejala seperti pembengkakan atau infeksi, dan akan memeriksa keberadaan flap gusi di sekitar gigi bungsu.

Bagaimana Perikoronitis Diobati?
Jika perikoronitis terbatas pada gigi (misalnya, jika rasa sakit dan bengkak belum menyebar), obati dengan membilas mulut Anda dengan air garam hangat. Anda juga harus memastikan bahwa flap tidak memiliki sisa makanan yang terperangkap di bawahnya.

Jika gigi, rahang, dan pipi Anda bengkak dan sakit, segera kunjungi dokter gigi Anda. Ia dapat mengobati infeksi dengan antibiotik (biasanya penisilin , kecuali Anda alergi). Anda juga dapat meminum penghilang rasa sakit seperti aspirin ,acetaminophen , atau ibuprofen.Dokter gigi mungkin juga meresepkan obat pereda nyeri.

Jika rasa sakit dan peradangan yang parah, atau jika pericoronitis kambuh, mungkin perlu untuk melakukan operasi mulut untuk menghilangkan flap gusi atau gigi bungsu. Dokter gigi Anda dapat membuat rujukan yang tepat untuk ahli bedah mulut dan maksilofasial. Laser tingkat rendah dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan
peradangan yang terkait dengan perikoronitis.

0 Response to "Pengertian Perikoronitis dan Kesehatan Gigi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel