Anatomi dan Fungsi Tulang Betis (Fibula)

Fibula adalah tulang panjang, tipis dan lateral dari tungkai bawah. Ini berjalan sejajar dengan tibia, atau tulang kering, dan memainkan peran penting dalam menstabilkan pergelangan kaki dan mendukung otot-otot kaki bagian bawah.
Dibandingkan dengan tibia, fibula memiliki panjang yang hampir sama, tetapi jauh lebih tipis.

Perbedaan ketebalan sesuai dengan peran yang berbeda dari dua tulang; tibia menanggung berat tubuh dari lutut ke pergelangan kaki, sedangkan fibula hanya berfungsi sebagai dukungan untuk tibia.

Pada ujung proksimal fibula, tepat di bawah lutut, adalah pembesaran sedikit bulat yang dikenal sebagai kepala fibula. Kepala fibula membentuk sendi tibiofibular proksimal (superior) dengan tepi lateral tibia. Dari sendi tibiofibular proksimal, fibula memanjang sedikit medial dan anterior dalam garis lurus ke arah pergelangan kaki.

Setelah mencapai pergelangan kaki, fibula membengkak menjadi sebuah kenop bertulang yang dikenal sebagai maleolus lateral, yang dapat dilihat dan dirasakan menonjol dari luar sendi pergelangan kaki. Pada maleolus medial, fibula membentuk sendi tibiofibular distal (inferior) dengan tibia dan juga sendi talocrural (pergelangan kaki) dengan tibia dan talus kaki.
Sementara fibula bergerak sangat sedikit relatif terhadap tibia, sendi yang terbentuk berkontribusi signifikan terhadap fungsi kaki bagian bawah.

Sendi tibiofibular proksimal dan distal memungkinkan fibula untuk menyesuaikan posisinya relatif terhadap tibia, meningkatkan rentang gerak pergelangan kaki. Malleolus lateral juga membentuk dinding lateral dari sendi talocrural dan memperkuat sendi pergelangan kaki.

Banyak otot paha dan kaki bawah menempel ke fibula melalui tendon. Salah satu paha belakang, otot bisep femoris, memiliki penyisipan di kepala fibula dan menarik pada fibula untuk melenturkan kaki di lutut. Delapan otot lainnya - termasuk tiga otot fibularis (peroneus), soleus, dan beberapa fleksor dan ekstensor jari kaki - juga berasal dari fibula.
Fakta menarik tentang fibula adalah bahwa ia dapat diambil untuk tisu untuk dicangkokkan ke tulang lain di dalam tubuh. Fibula memiliki berat badan yang sangat sedikit sehingga biasanya memiliki lebih banyak massa tulang daripada yang diperlukan untuk mendukung kaki, membuatnya menjadi donor jaringan yang baik.

Jaringan tulang yang dipanen dari fibula paling sering dicangkokkan ke mandibula untuk menggantikan tulang yang hilang selama operasi kanker mulut. Kulit dan pembuluh darah yang menutupi fibula dicangkok bersama dengan jaringan osseous (tulang) untuk mempertahankan suplai darah ke tulang dan untuk menutup luka di wajah. Sisa jaringan di kaki dapat dijahit bersama untuk menyembuhkan di sekitar lokasi donor.

0 Response to "Anatomi dan Fungsi Tulang Betis (Fibula)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel