Penyebab Gusi Sakit, Bengkak,Berdarah dan Cara Mengatasinya

Ketika Anda berpikir tentang kesehatan gigi, fokusnya mungkin untuk mencegah gigi berlubang .Sangat penting juga untuk memperhatikan gusi Anda. Gusi memainkan peran utama tidak hanya dalam kesehatan gigi Anda, tetapi dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.
Gusi Bengkak
Dalam banyak kasus, gusi bengkak dan berdarah adalah tanda penyakit gusi . Namun, ada sejumlah hal lain yang bisa menyebabkan masalah gusi Anda. Apa pun penyebab sakit, gusi yang menyakitkan, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan kerusakan gusi dan sakit pada gusi.

Gusi dan Teknik Menyikat
Dalam upaya menjaga gigi tetap bersih, Anda mungkin biasa untuk menyikat giginya sekuat mungkin.tapi Gusi terbuat dari jaringan yang halus, jadi menyikat gigi dengan cara yang salah bisa merusaknya.

Sebaiknya Anda memilih sikat gigi manual atau elektrik, pilih satu dengan bulu nilon lembut yang ujungnya tumpul. Meskipun Anda dapat menemukan sikat dengan bulu sedang atau keras, mereka dapat merusak enamel pada gigi Anda atau menyebabkan gusi merah dan bengkak.

Saat Anda menyikat, pastikan Anda menggunakan gerakan melingkar yang lembut untuk memijat dan membersihkan gigi dan gusi. Sementara banyak orang menggunakan gerakan mundur dan maju, gerakan ini dapat mengiritasi dan merusak gusi Anda, membuat gusi sakit dan lebih mungkin berdarah.

Gusi dan Teknik Flossing
Kita semua tahu pentingnya flossing setiap hari untuk membantu menghilangkan plak dari tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi Anda. Untuk memastikan bahwa kebiasaan sehat Anda tidak menyebabkan gusi bengkak atau berdarah, bersikaplah lembut saat Anda melakukan floss. Alih-alih memaksakan benang gigi di antara gigi Anda, geserlah dengan hati-hati ke atas dan ke bawah, mengikuti lengkungan setiap gigi.

Penyakit Gusi
Lebih dari tiga perempat orang dewasa Indonesia yang berusia di atas 35 tahun menderita penyakit periodontal (gusi). Sementara kebanyakan orang dengan penyakit gusi memiliki bentuk yang parah, yang disebut gingivitis , antara 5% dan 15% memiliki jenis penyakit gusi yang jauh lebih serius yang dikenal sebagai periodontitis.
LANJUTAN
Ketika orang tidak melakukan perawatan kebersihan gigi yang baik, bakteri di mulut membentuk plak pada gigi. Bakteri ini dapat menyebabkan gusi Anda menjadi meradang, yang menghasilkan merah, bengkak, atau gusi berdarah. Bagi banyak orang dengan gingivitis,
peradangan ini tidak menyakitkan. Jika Anda terkena gingivitis sejak dini, ia dapat dibalik dan disembuhkan dengan kebersihan mulut yang benar.

Tetapi jika tidak diobati, gingivitis dapat memburuk dan akhirnya menyebabkan gigi tanggal. Pastikan untuk mencari bantuan medis jika Anda memiliki gejala berikut, bahkan jika Anda tidak merasa tidak nyaman:

√ Perubahan ketika gigi menyatu saat menggigit, atau pada gigi tiruan sebagian
pembentukan kantong yang dalam antara gigi dan gusi
√ Gusi yang berdarah selama dan setelah menyikat gigi
√ Gigi longgar atau bergeser
√ Bau mulut yang persisten atau rasa tidak enak di mulut
√ Surut gusi
√ Gusi merah, bengkak, atau lunak

Ketika gingivitis berkembang, ia berkembang menjadi periodontitis, suatu kondisi di mana gusi dan tulang yang memegang gigi di tempat dapat sangat lemah. Bakteri pada gigi melepaskan zat beracun yang membahayakan gusi Anda dan menyebabkan mereka menjadi terinfeksi. Infeksi dan peradangan yang terjadi ketika tubuh Anda menyerang bakteri dapat menurunkan gusi dan tulang di rahang Anda lebih jauh. Anda mungkin memiliki gusi yang sangat bengkak dan menyakitkan yang cenderung berdarah. Jika tidak ditangani, periodontitis dapat menyebabkan gigi tanggal.

Gusi dan Sariawan
Penyebab umum di balik gusi yang menyakitkan adalah sariawan , atau bisul mulut . Luka yang menyakitkan ini dapat berkembang di mana saja di dalam mulut, termasuk pada gusi, dan sering memiliki pusat keputihan dengan tepi merah.

Anda mungkin bisa mengidap kanker pada suatu waktu, hanya membuat satu area pada gusi Anda sakit, atau Anda mungkin memiliki beberapa luka pada saat yang sama di sepanjang mulut Anda.

Sementara para peneliti tidak tahu apa yang menyebabkan sariawan , mungkin ada keterlibatan bakteri atau virus. Orang-orang dengan penyakit autoimun tertentu juga lebih mungkin memiliki masalah gusi yang disebabkan oleh sariawan. Sariawan sering kambuh dari waktu ke waktu dan tidak menular.
LANJUTAN
Gusi dan Kemoterapi
Kemoterapi dapat memiliki sejumlah efek samping yang tidak menyenangkan, termasuk gusi yang menyakitkan, bengkak, dan berdarah.
Banyak orang yang menjalani pengobatan untuk kanker berpendapat dengan stomatitis , yang menyebabkan perkembangan luka yang menyakitkan dan bisul pada gusi dan di seluruh mulut.

Gusi dan Produk Tembakau
Menggunakan rokok dan produk tembakau lainnya dapat sangat merusak gusi Anda. Orang yang merokok jauh lebih mungkin mengembangkan penyakit gusi. Anda mungkin menemukan bahwa kebiasaan merokok Anda memberi Anda sejumlah masalah gusi, dari gusi sensitif yang berdarah hingga luka yang menyakitkan.

Gusi dan Hormon
Beberapa wanita menemukan mereka memiliki masalah gusi selama pubertas , menstruasi ,
kehamilan , dan menopause . Kenaikan hormon selama masa puber dapat meningkatkan aliran darah ke gusi, membuat mereka merah, bengkak, dan sensitif. Untuk wanita dengan gingivitis menstruasi, gusi menjadi merah, bengkak, dan lebih mungkin berdarah sesaat sebelum setiap periode menstruasi. Masalah-masalah ini biasanya reda setelah periode dimulai.

Gingivitis kehamilan biasanya dimulai pada bulan kedua atau ketiga kehamilan dan berlanjut sampai bulan kedelapan, menyebabkan gusi yang bengkak,membengkak, dan berdarah.

Penggunaan produk
kontrasepsi oral dapat menyebabkan masalah gusi yang sama. Meskipun jarang, beberapa wanita mengalami menopause mungkin menemukan bahwa gusi mereka menjadi sangat kering dan karena itu sakit dan cenderung berdarah.

8 Kiat untuk Mencegah Sakit, Bengkak, dan Perdarahan pada Gusi
1. Sikat gigi Anda setidaknya dua kali setiap hari.Pastikan Anda mengikuti teknik menyikat yang benar. Jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, tanyakan dokter gigi atau ahli kebersihan gigi.
2. Floss setiap hari. Tidak perlu lebih dari beberapa menit, tetapi flossing mungkin menjadi hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah masalah gusi saat ini dan di masa depan.
3. Bilas dengan obat kumur setiap hari. Obat kumur antiseptik membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit gusi.
4. Makan makanan yang seimbang . Diet seimbang, termasuk banyak vitamin C dan
kalsium , dapat meminimalkan kemungkinan Anda akan mengalami masalah gusi.
5. Minum banyak air. Minum air putih, terutama setelah makan, dapat membantu mencuci makanan dari gigi Anda dan memperkecil kemungkinan bakteri akan membentuk plak yang merusak gusi.
6. Katakan tidak pada tembakau. Jika Anda merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya, cobalah untuk berhenti merokok.
7. Berhati-hatilah dengan makanan dan minuman yang sangat panas atau dingin. Ketika Anda memiliki masalah gusi, Anda mungkin menemukan Anda lebih nyaman memiliki makanan dan minuman hangat atau dingin.
8. Rileks. Stres meningkatkan tingkat hormon stres kortisol, meningkatkan kemungkinan peradangan di seluruh tubuh Anda, termasuk di gusi Anda.

0 Response to "Penyebab Gusi Sakit, Bengkak,Berdarah dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel